Tuesday, April 9, 2013

Imam besar dari negri Yaman...



(ditulis oleh: Al-Ustadz Zainul Arifin)
Nasab dan Kelahiran Beliau t
Nama beliau adalah Muhammad bin ‘Ali bin Muhammad bin Abdullah Asy-Syaukani kemudian Ash-Shan’ani. Asy-Syaukani adalah nisbah kepada Hijrah Syaukan yakni suatu daerah yang jaraknya dengan Shan’a dapat ditempuh dengan perjalanan kurang dari satu hari, dan merupakan penisbahan dari ayahnya. Adapun Ash-Shan’ani adalah nisbah kepada Shan’a, ibukota Yaman.
Beliau dilahirkan di Hijrah Syaukan, di tengah hari pada hari Senin, 18 Dzulqa’dah 1173 H. Beliau adalah seorang imam, Al-’Allamah (yang benar-benar pandai), Ulama Rabbani, imamnya para imam, mufti (pemberi fatwa) umat ini, lautan ilmu, mataharinya pemahaman, syaikhul Islam, teladan bagi manusia, orang terpandai di zamannya, juru penjelas Al Qur`an dan Al-Hadits, satu-satunya orang yang tiada bandingannya (di zamannya), mujtahid yang terakhir, pimpinan orang-orang yang bertauhid, mahkota bagi pengikut Rasulullah n, pemilik karya-karya (buku) yang belum pernah ada yang mendahuluinya dengan hasil karya yang semisalnya.
Pertumbuhan dan Kehidupan Beliau t dalam Menuntut Ilmu
Beliau hidup di Shan’a dan dididik di bawah asuhan ayahnya, seorang qadhi (hakim) di Shan’a dan termasuk deretan para ulama yang unggul dan tersohor di sana. Mulailah beliau menuntut berbagai disiplin ilmu dan juga mendengar ilmu dari ulama-ulama ternama. Beliau tumpahkan seluruh jiwa dan raganya dalam menuntutnya, berusaha keras dan sungguh-sungguh didalamnya. Beliau tidak disibukkan oleh aktivitas-aktivitas lain yang dapat merintangi jalannya dari thalabul ‘ilmi.
Ayah beliaulah yang menjamin berbagai kebutuhan keseharian beliau. Dalam kehidupan thalabul ‘ilmi, ketika mempelajari satu buku (kitab) beliau tidak merasa cukup hanya dengan satu pembahasan saja. Bahkan beliau periksakan dengan detail kepada beberapa guru beliau dan tidak berhenti kecuali sampai berhasil menguras habis ilmu yang ada pada mereka yang berkenaan dengan isi kitab tersebut. Sebagaimana beliau membacakan kitab Syarhul Azhar kepada empat orang ulama besar. Salah satunya adalah ayah beliau sendiri dan yang lain adalah Al-Imam Ahmad bin Muhammad Al-Harazi yang mana beliau belajar selama 13 tahun kepada imam ini. Dan bagi pembaca yang ingin mengetahui secara detail tentang kitab apa saja yang beliau pelajari dan referensi-referensi yang beliau jadikan sebagai rujukan, silahkan merujuk kepada kitab Ithaful Akabir bi Isnadi Dafatir.
Guru-guru serta Murid-murid Beliau
Guru-guru beliau sangat banyak. Di samping yang telah tersebut di atas, beliau juga menimba ilmu kepada ulama-ulama besar lain, di antaranya:
1. Ahmad bin Amir Al-Hada’i, ulama terpandai di zamannya, meninggal tahun 1197 H. Al-Imam Ash-Shan’ani belajar fiqih dan faraidh (ilmu hukum waris) kepadanya.
2. Isma’il bin Al-Hasan bin Ahmad bin Hasan yang dikenal dengan “Sibuyah” (Sibawaih). Beliau belajar bahasa Arab kepadanya, meninggal tahun 1206 H.
3. Shiddiq bin ‘Ali Al-Mazjaji Al-Hanafi, guru dalam ilmu hadits.
4. Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Murid-murid beliau tak kalah banyaknya, di antaranya adalah putra beliau sendiri, Ahmad bin Muhammad Asy-Syaukani dan termasuk dalam deretan ulama-ulama besar di Yaman, lahir pada tahun 1229 H dan wafat pada tahun 1281 H.
Kitab-kitab Karangan Beliau
Yang masih berupa manuskrip:
1. Tafsir, ada 5 kitab, antara lain: An-Nasyr fi Fawa`idi Suratil ‘Ashr
2. Hadits, ada 15 kitab, antara lain: Kasyfud Dien ‘an Hadits Dzil Yadain
3. Aqidah, ada 20 kitab, antara lain: Risalah fi Tauhidillah
4. Fiqih, ada 84 kitab, antara lain: Risalah fi Hukmi Bai’il Ma`
5. Manthiq, ada 29 kitab, antara lain: Al-Qaulul Hasan fi Fadha`il Ahlil Yaman
Kedua, yang telah dicetak. Ada 38 buku, antara lain:
- Nailul Authar
- Fathul Qadir
- Ad-Durarul Bahiyyah, dll
Wafat Beliau t
Pada tahun 1250 H datanglah ajal beliau dan terpisahlah ruh beliau dari jasadnya dan dunia.
Islampun kehilangan seorang ulama yang konsisten dalam mengamalkan ilmunya, yang telah menunaikan amanah Rabbnya dan agamanya. Allah I mewafatkannya dengan rahmat dan kasih sayang-Nya. Semoga jannah (surga) yang luas diperuntukkan baginya, sesuai dengan kadar ilmu dan keutamaan yang telah dipersembahkannya kepada Islam dan kaum muslimin. Amin ya Mujibas Sa`ilin.
(Disarikan dari Biografi Al-Imam Asy Syaukani dari kitab Nailul Authar, 1/3, dan Muqaddimah Fathul Qadir, 1/12-43)
http://asysyariah.com/al-imam-asysyaukani-imam-besar-dari-yaman.html

Allahu a'lam. Barakallaahu fiikum...

No comments :

Post a Comment